Kelas XI Semester 2

Ms. Excel 2003Microsoft excel merupakan versi setelah Microsoft excel 2000, Merupakan suatuprogram yang berguna untuk menyederhanakan tugas- tugas Akunting, ManajemenDatabase dan pembuatan grafik. Dalam Modul ini terdiri dari tujuan dan menguraikankebutuhan pemakai Excel secara umum khususnya untuk kebutuhan guru SMA Negri 1Purwokerto. Disertai latihan – latihan guna memudahkan bapak / ibu jika belajar sendiri,mudah-mudahan bermanfaat.1. Mengenal Tampilan Ms. Excel 20032. Bekerja dengan Worksheet dan Workbook3. Memebuat Rumus – rumus sederhana4. Mengelola database5. Mencetak hasil pekerjaanMEMULAI MS.EXCEL 2003Langkah – langkah mengaktifkan Ms. ExcelCara I1. Klik tombol Start kemudian pilih All Programs2. Klik / sorot Microsoft Office pilih Microsoft Office Excel 2003
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatismeliputiperhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemendata.Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulaiyang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnyamembuat rencana kebutuhan barang meliputi namabarang, jumlah barang dan perkiraan hargabarang. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (generalledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik ataupivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini
Istilah-istilah dalam Excel
1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D52. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet256)4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kananbawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6

5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akanberubah jika dicopy ke cell lain.Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*66. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris ataukolomsehingga nilai tidak akan berubah.Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*77. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekantombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula$A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*58. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat namarange melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Menulis Rumus1.Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingandengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :a. = : sama denganb. > : lebih besar daric. = : lebih besar atau sama dengane. <= : lebih kecil atau sama dengan f. : tidak sama dengan
2. Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantudalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisanFungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range.Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
A.Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yangberhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :1. Fungsi If :Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)Contoh : =If(A530,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))2. Fungsi StringFungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan1. Fungsi VALUE :digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,penulisannya : =VALUE(text)2. Fungsi FIND :digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yangdicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)3. Fungsi MIDdigunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisiawal,jumlah karakter)4. Fungsi LEFT atau RIGHT :

digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau=RIGHT(text,jumlah karakter)5. Fungsi REPLACE :digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetankarakter atau karakter),penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)6. Fungsi CONCATENATE :digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
B. Fungsi Tabel :
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atausecara horizontal (HLOOKUP),penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
1. fungsi Sum :Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya :=SUM(number1,number2,..)2. Fungsi Average :Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,penulisannya : =average(number1,number2,…)3. Fungsi Max :Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :=max(number1,number2,…)4. Fungsi Min:Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya :=max(number1,number2,…)5. fungsi Count :Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih6. Fungsi Stedev :Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya :=stedev(number1,number2,…)7. Fungsi Var :Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
Penjelasan Main Menu pada Microsoft Excel 2003
Tujuan :1. Siswa Mengetahui fungsi setiap sub menu pada Ms. ExcelBerikut merupakan Menu – menu pada Ms. Excel 2003A. Menu File

• New, Membuat lembar kerja baru.• Open, Membuka file yang pernah disimpan baik di harddisk, CD ataupun disket.• Close, Menutup jendela workbook yang aktif • Save, Menyimpan workbook yang masih aktif.• Save As, Menyimpan workbook yang belum diberi nama atau menyimpan workbook dengan namabaru.• Save As Web Page, Menyimpan workbook ke dalam halaman Web.• Save Workspace, menyimpan workbook aktif sebagai file workspace.• Web Page Preview, Melihat tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak.• Page Setup, Mengatur setting halaman workbook yang akan dicetak, seperti header atau footer,margin, dan ukuran kertas.• Print Area, Untuk menentukan daerah lembar kerja yang akan di cetak.• Print Preview, Melihat lembar kerja sebelum dicetak.• Print, Mencetak lembar kerja• Send To, mengirim lembar kerja ke penerima e-mail (Mail Recipient), mengirim lembar kerja kepenerima tertentu berdasarkan rute pengiriman tertentu (Routing Recipient), mengirim lembar kerjake folder Microsoft Exchang (Exchange Folder), Mengirim lembar kerja yang aktif sebagai fax (FaxRecipient), mengirim lembar kerja ke program PowerPoint sebagai slide.• Properties, Membuat ringkasan file workbook yang aktif • Exit, Keluar dari Ms. Excel dan menutup seluruh lembar kerjaB. Menu Edit

• Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan.• Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan dengan perintah Undo.• Cut, Memotong sebagian atau seluruh data (nilai, rumus, hyperlink, komentar) dalam range atau sellain di dalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja.• Copy, Menyalin (copy) data (nilai, rumus, komentar, hyperlink) dari satu rang atau sel ke rang atausel lain di dalam satu lembar kerja atau antar lembar kerja.• Paste, fasilitas ini mendukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.• Paste Special, Fasilitas ini juga endukung perintah Cut dan Copy data yang ada di lembar kerja.• Paste as Hyperlink, fasilitas ini mendukung peirntah Cut dan Copy terhadap hyperlink pada lembarkerja atau data yang digunakan sebagai hyperlink.• Fill, mengisi data pada sel atau range di lembar kerja ke bawah, atas, kanan, kiri, antara satu sheetke sheet lain dan mengurukan data dengan cepat.• Clear, Membersihkan atau menhapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments)dan isi data (contents) yang ada di lembar kerja.Delete, Menhapus data atau memindahkan data padalembar kerja (sel, range, kolom, dan baris).• Delete Sheet, Fasilitas menghapus sheet pada lembar kerja anda.• Move or Cop Sheet, Memindahkan atau menyalin sheet pada lembar kerja atau antar lembar kerja.• Find, Mencari data nilai, rumus atau formula, dan komentar pada lembar kerja.• Replace, Mengganti data pada lembar kerja menjadi data baru.• Go To, Memindahkan letak sel aktif ke sel lain, komentar, rumus, konstanta dan yang lainnya.• Links, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file aktifyang mencakup nama dan tempatfile sumber, data dan tipe• Object, Mengedit object yang berasal dari insert yang berhubungan dengan Link (Object, ClipArt) danlain-lain.

C. Menu View• Normal, Menampilkan lembar kerja Ms. Excel dalam status normal.• Page Break Preview, Melihat hasil pemotongan halaman pada lembar kerja.• Toolbars, Memunculkan toolbar Ms. Excel yang terdiri dari : Standard, Formatting, Chart, ControlToolbox, Drawing, External Data, Forms, Pictore, PivotTabel, Reviewing, Visual Basic, Web, WordArt,dan Customize• Formula Bar, Menampilkan Status Bar (Baris Status) berisi teks untuk menjelaskan status operasiuntuk digunakan selanjutnya.• Header dan Footer, Membuat header dan footer sebagai efek cetakan.• Comments, menampilkan toolbar Reviewing dan Comment pada lembar kerja.• Custom Views, menyimpan beberapa area cetak di dalam workbook.• Full Screen, Menampilkan lembar kerja satu tayanyan penuh.• Zoom, Mengubah ukuran penampilan lembar kerja Ms. Excel.D. Menu Insert

• Cells, Menyisipkan sel berisi data atau sel kosong yang berbentuk satu sel, satu baris sel, satu kolomsel, beberapa baris sel dan beberapa kolom.• Rows, Menyisipkan satu baris sel.• Columns, Menyisipkan satu kalom sel.• Woorksheet, Menyisipkan lembar kerja atau menyisipkan grafik (Chart)• Page Break, Untuk membuat potongan halaman (ditandai dengan garis putus-putus) yang tercetakmenjadi beberapa bagian halaman.• Function, Menyisipkan fungsi logika, database, statistic, trigonometeri, financial pada lembar kerja• Name, Untuk menyisipkan nama rang data, menampilkan nama range data dan membuat rang untuklabel pada lembar kerja.• Comment, Memberikan komentar ke lembar kerja.• Pictore, Untuk menyisipkan gambar dari fasilitas ClipAt, From File (biasanya file hasil Scan),AutoShapes, Organization Chart, WordArt dan From Scanner or Camera.• Object, Menyisipkan object yang pernah dibuat dengan Ms. Word.• Hyperlink, Menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja untuk membuat shortcut dalammembuka lembar kerja yang tersimpan di harddisk, internet, server jaringan dan lain-lain.E. Menu Format

• Cells, Menentukan format sel yang akan dibuat baik format angka, font, border, dan yang lainnya.• Row, Mengatur tinggi baris pada satu sel atau beberapa sel dan menyembunyikan atau menampilkanbaris.• Column, Mengatur lebar kolom, menyembunyikan dan mengembalikan kembali kolom yang telahdisembunyikan.• Sheet, Memformat sheet yang sedang aktif.• AutoFOrmat, Menggunakan fasilitas format yang disediakan Ms. Excel untuk membuat format tableyang terdapat pada kotak dialog AutoFormat.• Conditional Formatting, Untuk memmformat nilai-nilai dalam sel yang di sorot pada lembar kerja.• Style, Memformat dan mengubahF. MenuTools• Spelling, Memeriksa data pada lembar kerja yang diaktifkan yang mencakup memeriksa sel berisi

angka, nilai, komentar, grafik, kotak teks, header dan footer.• Autocorrect, Mengubah, menghapus dan mengoreksi data yang ada pada lembar kerja secaraotomatis.• Share Workbook, Untuk berpindah ke modus share workbook dimana memungkinkan kita sendiri ataupengguna yang lain dalam suatu jaringan computer untuk mengubah dan menyimpan workbook yangpersis sama isinya.• Track Changes, Melihat pengubahan data yang dilakukan atau oleh pengguna lain berdasarkan waktu,siapa dan dimana pengubahanitu terjadi di dalam jaringan computer.• Merge Workbooks, Menggabungkan (merger) pengubahan dari beberapa share workbook ke sebuahworkbook.• Protection, mengamankan data atau memproteksi sheet, workbook dan share workbook.• Onlaine Collaboration, Menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya. Fasilitas interdiridari : MeetNow, Schedule Meeting dan Web Discussion.• Goal Seek, Mengubah nilai pada rumus sesuai dengan keinginan pada sel atau pada grafik.• Scenarios, Membuat, menampilkan, menghapus, mengedit scenario dan membuat ringkasan laporanscenario pada lembar kerja Ms. Excel• Auditing, Meletakkan rumus yang menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel yang meletakkandata ke rumus, menyembunyikan nilai yang salah pada sel, mencirikannilai yang salah pada sel,mengatur sel pada lembar kerja lain yantuk meletakkan data pada rumus dan memindahkan satu ataulebih tingkat dari panan perunut (tracer).• Macro, Membuat atau mejalankan program macro, mengedit atau menghapus macro yang di buat.• Add-Ins, Mengaktifkan atau menonaktifkan program Add-ins milik Ms. Excel• Customize, Menata toolbar, menambahkan command baru, membuat menu dan toolbar sesuai dengankeingingan pengguna.• Options, Menuntun kita dalam menggunakan delapan tabulasi : View, Calculation, Edit, General,Transition, Custom Lists, Chart, Color.G. Menu Data

• Sort, Mengurutkan (sorting) data dari yang terbesar ke terkecil atau dari yang terkecil ke terbesar.• Filter, Mengurutkan dan mengelola daftar data.• Form, Menangani record yang ada dalam daftar yaitu membuat atau menambah record, menghapusrecord, menampilkan criteria record yang dihapus, menemukan record sebelumnya, menemukan recordselanjutnya dan menentukan criteria record.• Subtotals, Menghitung nilai subtotal dan total akhir suatu daftar.• Validation, Membatas jenis data yang dapat dimasukkan dalam sel dan range yang mencakup angkabulat, angka decimal atau teks.• Table, membuat satu atau lebih variable data pada table dan menambah rumus pada satu variabledata yang ada dalam table.• Teks to Columns, Mengubah data berbentuk teks menjadi kolom pada lembar kerja.• Consolidate, konsolidasi data berdasarkan pada posisi, kategori, menambah daerah sumbar data lainuntuk konsolidasi, memperbaharui konsolidasi jika data diubah, mengubah acuan sumber data dalamkonsolidasi, menghapus sumber daerah acuan dari konsolidasi.• Group and Outline, Menggabungkan (Group) dan pembingkaian (Outline) data yang pada lembar kerjaseperti object, numeric, dan lainnya.• Pivot Table and PivotChart Report, membuat table pivot dan grafik pivot di lembar kerja.• Get External Data, melakukan sesuatu yang berhubungan dengan data eksternal seperti Web Query,database query dan lainnya.• Refresh Data, menyegarkan kembali data yang diperoleh dari data luar (external) dan table fivot.H. Menu Window

• New Window, Memperlihatkan lembar kerja yang sedang di edit pada jendela baru (new window).• Arrange, Mengatur jendela dari workbook aktif agar dapat melihat seluruh workbook aktif tersebut.• Hide, Menyembunyikan workbook aktif.• Unhide, Menampilkan kembali workbook yang disembunyikan.• Split, Membagi lembar kerja dari workbook aktif menjadi beberapa bagian.• Freeze Panes, Membekukan bagian lembar kerja agar kita tetap dapat melihat sel yang ada di bagianbawah atau kanan lembar kerja.I. Menu Help• Microsoft Excel Help, Menampilkan fasilitas Office Assistant dengannama logo berturut seperti:Clippit, The dot, F1, The Genius, Office Logo, Mother Nature, Links, dan Rocky.• Show the Office Assistant, Melihat keterangan dari topic terpilih secara langsung tanpa melaluifasilitas Help.• What’s This?, Memberikan penjelasan dan fungsi perintah Excel dengan menampilan teks padatoolbar.• Office on the Web, Koneksi internet pada situs office pada Web.• Lotus 1-2-3 Help, melihat penjelasan bagaimana cara perintah dalam Lotus 10203 diaplikasikan padaExcel.• Detect and Repair, Mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada Excel.• About Microsoft Excel, Melihat penjelasan tentang Excel dan konfigurasi computer yang digunakan.

HLOOKUP & VLOOKUP
11:16 PM | Diposkan oleh WIDYA SMART
HLOOKUP14.1 Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :1. Menggunakan rumus Fungsi HLOOKUP dengan benar2. Dapat membedakan dengan rumus fungsi IF tunggal dan majemuk
14.2 Fungsi HLOOKUP
Fungsi Hlookup merupakan fungsi bantuan references juga. Fungsi Hlookup dipakai untukmenghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.Penulisan :
=HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)Contoh Soal
Cara pengerjaan :Pada C6 ketikkan formula=HLOOKUP(B6;$B$1:$F$3;2;0).
VLOOKUP15.1 Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :1. Menggunakan rumus Fungsi Vloookup dengan benar2. Dapat membedakan penggunaan rumus HLOOKUP dengan VLOOKUP

15.2 Vlookup
Pada prinsipnya sama dengan Vlookup, namun pada lookup value ini memungkinkan kitauntuk mengambil beberapa data dari tabel lain sabagai referensi / patokan.
Contoh Soal
Dari 2 tabel yakni tabel peminjaman dan tabel buku akan dibuat Daftar Peminjaman Buku.Cara pengerjaan :1. Nama pada cell B11 adalah =VLOOKUP(A11;$A$2:$D$5;2;0)2. Perihal pada cell D11 adalah = VLOOKUP(C11;$F$2:$H$5;2;0)3. Judul pada cell E11 adalah = VLOOKUP(C11;$F$2:$H$5;3;0)
Fungsi IF Majemuk
11:12 PM | Diposkan oleh WIDYA SMART
13.1 Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :1. Menggunakan Fungsi Kelompok Bantu Logika IF Majemuk
13.2 IF majemuk
IF majemuk adalah pengujian terhadap kondisi lebih dari 2Rumus : Jumlah If yang digunakan = kondisi – 1Contoh rumus dengan 3 kondisi, berari fungsi IF yang digunakan = 3- 1 = 2= IF(syarat 1, kondisi terpenuhi 1, IF(syarat2,kondisi terpenuhi2, kondisi tidak terpenuhi))Contoh:

Ketentuan Soal 11. Merka. Jika kode k, maka merk NIMBLEb. Jika kode M, maka merk ACERc. Jika kode S, maka merk SONY2. Jenisa. Jika kode K, maka jenis keyboardb. Jika kode M, maka jenis mousec. Jika kode s, maka jenis speaker3. Hargaa. Jika merk NIMBLE, maka harga 4000b. Jika merk ACER, maka harga 25000c. Jika merk SONY, maka harga 350004. Total= Harga * JumlahPenyelesaian rumus :1. Merk =IF(A4=”K”,”numb;e”,IF(A4=”M”,”Acer”,”Sony”))2. Jenis =IF(A4=”K”, “Keyboard”, IF(A4=”M’,”Mouse”,”speaker”))3. Harga =IF(B4=”Numble”,4000,IF(B4=”Acer”,2500,3000))4. Total = D4*E4Contoh 2 :

Asal
Berdasarkan 1 huruf dari kiri no. Tiket Jika H maka semarang, jika B maka Jakarta, jika L maka Semarang, Jika F maka Jakarta.=IF(Left(A4,1)=”H”,”Semarang”,IF(Left(A4,1)=”B”,”Jakarta”,IF(Left(A4,1)=”L”,”Jakarta”,”Semarang”)))
Tujuan
Berdasarkan 1 Huruf dari kanan nomor tiket Jika F maka bogor,jika L maka surabaya, Jika B maka Jakarta, jika H maka semarang=IF(Right(A4,1)=”F”,”Bogor”,IF(Right(A4,1)=”L”,”Surabaya”,IF(Right(A4,1)=”B”,”Jakarta”,”Semarang”)))
Harga
Jika 100 maka no tiket dari1000=IF(Mid(A4,3,3)=”100”,100*1000,IF(Mid(A4,3,3),”200”,200*1000,IF(Mid(A4,3,3)=”300”,300
Fungsi IF Tunggal
11:07 PM | Diposkan oleh WIDYA SMART
12.1 Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :1. Menggunakan Fungsi IF tunggal
12.2. Fungsi Logika If
Fungsi If adalah fungsi yang digunakan untuk mengerjakan proses yang berhubungandengan kondisi, dimana dalam pemakaiannya sering digunakan operator logika dan relasi.
12.3. Cara Penulisan If
1. Digunakan Untuk menyeleksi suatu sel dan biasanya menggunakan kata “jika”/”bila”.2. Jumlah IF = Jumlah -13. Jumlah kurung tutup = jumlah IF.

4. Penulisan character/huruf harus diapit dengan tanda kutip (contoh: “satu juta”).5. Penulisan numeric/ angka jangan diapit dengan tanda kutip (contoh: 1000000).6. Perintah terakhir tidak perlu ditulis lagi if-nya.7. Jika pemisah dengan koma tidak berfungsi ganti dengan titik koma dan sebaliknya.
12.4 Jenis- jenis IF1. If tunggal (Pengujian terhadap 2 kondisi)

=IF(syarat, Kondisi terpenuhi, kondisi tak terpenuhi)Contoh : =IF(B6=”T”,”Honorer”)
2. IF Jamak

= IF(syarat 1, kondisi terpenuhi 1, IF(syarat2,kondisi terpenuhi2, kondisi tdk terpenuhi))Contoh : =IF(D6=”Supernir”,800000,IF(D6=”ADP”,500000,300000))
3. IF combinasi AND, OR, LEFT, MID, RIGHT, NOT.
a. And (Logical 1,logical 2,…,logical 30)

menghasilkan argument true jika semua logika benar.Rumus : =IF(AND(Kondisi1,kondisi2),jawab1,jawab2)Contoh : =IF(AND(C6”Tetap”,D6=”Supervisor”),10%,5%)b. Or (Logical 1,logical 2,…,logical 30)

menghasilkan argument true jika salah satu logika benar.Rumus : =IF(OR(Kondisi1,kondisi2),Jawaban1,jawaban2)Contoh : =IF(OR(D6=”Supervisor”,D6=”EDP”),3%,2%)c. Not (Logical)

menghasilkan kebalikan logika.d. DstContoh :Carilah rumus formula untuk menghasilkan nilai yang berwarna merah dibawah ini!Cara pengerjaan :1. Rumus untuk cell F2 adalah “=If(E2=”MG”;”Matang”;”Mentah”)”2. Status pada cell H2 adalah “=If(And(E2=”MG”;G2=”Kuning”);”Jual”;”Buang”)”

Fungsi Kelompok Text
10:34 PM | Diposkan oleh WIDYA SMART
11.1 Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :1. Memahami Fungsi Kelompok Text2. Menggunakan Fungsi Kelompok Text
11.2. Fungsi Kelompok Text
1. Left : mengambil karakter yang ada di sebelah kiri dari satu kesatuan karakter.Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter)2. Right : mengambil karakter yang ada di sebelah kanan dari satu kesatuan karakter.Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)3. Mid : mengambil karakter yang ada di tengah dari satu kesatuan karakter.Penulisan : =MID(teks, angka_awal, jumlah_karakter)4. Upper : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadihuruf besar / kapital.Contoh : =UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA5. Lower : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadihuruf kecil.Contoh : =LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya6. Proper : mengubah karakter pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teksmenjadi huruf besar / kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil.Contoh : =PROPER(“saya sedang praktikum”) menghasilkan Saya Sedang Praktikum7. Len : mengambil karakter terkiri sejumlah yang dinyatakan pada argument jumlah_karakter.Contoh : =UPPER(“Praktikum”) menghasilkan 98. Text : mengubah angka menjadi teks dengan jumlah desimal sesuai yang dinyatakanpada argumen format_teks.Penulisan : =TEXT(angka, format_teks)Contoh : =TEXT(100/4,“0.00”) menghasilkan 25.009. Dollar : mengubah angka menjadi teks mata uang dolar, disertai pembulatan dan jumlahdesimal menurut argumen jumlah_desimal.Penulisan : =DOLLAR(angka, jumlah_desimal)Contoh : =DOLLAR(22/7,6) menghasilkan $3.142857.=DOLLAR(22/7,5) menghasilkan $3.14286.

10. Char : mengubah angka antara 1 sampai 255 menjadi karakter kode ASCII.Contoh : =CHAR(125) menghasilkan }.11. Code : mengubah karakter pertama menjadi kode ASCII.Contoh : =CODE(“Infor”) menghasilkan 73.=CODE(“Ikan”) menghasilkan 73 juga.Catatan !!! tanda koma ( , ) diatas dapat juga diganti dengan tanda titikkoma ( ; ), disesuiankan dengan komputer yang dipakai.Contoh :Carilah rumus formula untuk menghasilkan nilai yang berwarna merah dibawah ini!Cara pengerjaan :1. Huruf Awal pada cell B2 adalah “=Left(A2;1)”2. Huruf Tengah pada cell C2 adalah “=Mid(A2;3;1)”3. Huruf Akhir pada cell D2 adalah “=Right(A2;1)”
GRAFIK
11:33 PM | Diposkan oleh WIDYA SMART
18.1 Tujuan
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini, peserta didik dapat :1. Membuat Gafik dalam Microsoft excel2. Menghapus dan memindahkan Grafik3. Merubah ukuran grafik
18.2 Cara membuat Grafik
1. Sorot Tabel2. Klik icon chart wizard (insert cart)3. Lakukan drag sesuai kebutuhan4. Klik next, lalu pilih jenis yang lebih spesifik5. Klik yes pada option add legend untuk melengkapi grafik6. Biarkan kotak use first bernilai nol atau Saturday7. Klik next, lalu tulis judul grafik pada chart title8. Tulis keterangan disumbu x,y,z (sesuaikan dengan kondisi)

9. Klik finishContoh :

18.3 Menghapus dan memindahkan grafik
a. Menghapus grafik1. Klik ganda yang bersangkutan2. klik icon cut atau tekan tombol deleteb. Memindahkan Grafik1. Klik Grafik tersebut2. Lakukan drag keposisi yang diinginkan
18.4 Merubah ukuran grafik
1. Klik grafik tersebut2. Sorot garis paling luar grafik tersebut3. Lakukan drag sesuai kebutuhan

-=sumber=-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s